Keluhan

  1. LSP Maku memiliki proses terdokumentasi untuk menerima, mengevaluasi dan membuat keputusan mengenai keluhan. Proses penanganan keluhan
  2. Proses penanganan keluhan dapat diakses publik tanpa permintaan dan semua keluhan ditangani dan diproses dengan cara yang konstruktif, netral dan tepat waktu.
  3. Bagian administrasi menerima keluhan dari pihak manapun secara tertulis.
  4. Bagian administrasi yang menerima keluhan bertanggung jawab untuk mengumpulkan dan memverifikasi semua informasi yang diperlukan untuk memvalidasi keluhan.
  5. Bagian Administrasi mengkonfirmasi apakah keluhan tersebut berhubungan dengan kegiatan sertifikasi yang menjadi tanggung jawab LSP Maku, jika demikian selanjutnya keluhan ditanggapi
  6. Bagian administrasi melakukan pengisian Log Book Penanganan Banding/Keluhan untuk mendokumentasikan keluhan yang ada.
  7. Proses penanganan keluhan memperhatikan persyaratan kerahasiaan, yang berkaitan dengan pihak yang mengajukan keluhan dan dengan subjek yang dikeluhkan.
  8. Tindakan koreksi yang dilakukan LSP Maku mempertimbangkan rekaman keluhan sebelumnya yang pernah ada.
  9. Manajer Administrasi memberi informasi secara tertulis kepada pihak yang mengajukan keluhan bahwa LSP Maku telah menerima permohonan keluhan serta memberikan laporan kemajuan dan hasilnya
  10. Penanganan keluhan dikomunikasikan kepada pihak yang mengajukan keluhan dibuat, dikaji dan disetujui oleh personel yang sebelumnya tidak terlibat dalam subyek yang dikeluhkan, keputusan terkait tindakan dalam penanganan keluhan direkam melalui Log Book Penanganan Banding/ Keluhan.