Keluhan

1
LSP MakU menetapkan prosedur untuk menerima, melakukan kajian dan membuat keputusan terhadap keluhan (PR15-LSPMK).
2
Penjelasan mengenai proses penanganan keluhan dapat diakses melalui laman ini. Proses tersebut memperlakukan semua pihak secara adil dan setara.
3
LSP MakU menetapkan kebijakan dan prosedur yang menjamin bahwa semua keluhan ditangani secara konstruktif, tidak berpihak dan tepat waktu. Proses penanganan keluhan minimal meliputi unsur dan metoda berikut :
·
Garis besar proses untuk menerima, melakukan validasi, menginvestigasi keluhan dan memutuskan tindakan apa yang harus diambil dalam menanggapinya;
·
Penelusuran dan perekaman keluhan, termasuk tindakan- tindakan untuk mengatasinya;
·
Memastikan bahwa perbaikan yang tepat dan tindakan perbaikan dilakukan, jika ada.
4
Setelah menerima keluhan, LSP MakU melakukan konfirmasi apakah keluhan berkaitan dengan kegiatan setifikasi yang menjadi tanggung jawab LSP, bila demikian maka LSP MakU memberikan tanggapan yang sesuai
5
LSP MakU menerima keluhan dan memberikan laporan kemajuan serta hasil penanganannya kepada pihak yang menyampaikan keluhan.
6
Setelah menerima keluhan, LSP MakU bertanggungjawab untuk mengumpulkan dan melakukan verifikasi semua informasi yang diperlukan untuk validasi terhadap keluhan.
7
LSP MakU memberitahukan secara resmi kepada pihak yang menyampaikan keluhan pada akhir proses penanganan keluhan
8
Keluhan tentang pemegang sertifikat yang terbukti benar akan dirujuk oleh LSP MakU kepada pemegang sertifikat dengan meminta penjelasan pada saat yang tepat.
9
Proses penanganan keluhan oleh LSP MakU mengikuti persyaratan kerahasiaan, baik yang berkaitan dengan pihak yang menyampaikan keluhan maupun subyek yang dikeluhkan.
10
Keputusan yang akan disampaikan kepada pihak yang menyampaikan keluhan dibuat, atau dikaji ulang dan disetujui oleh personil LSP MakU yang tidak terlibat dengan subyek yang dikeluhkan.