Mengunjungi LSP MakU, BNSP Melakukan Surveilan

Berfoto bersama setelah surveilan

MAKASSAR – Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) selaku badan independen yang bertanggung jawab kepada Presiden, selasa kemarin (17/07) mengunjungi Lembaga Sertifikasi Profesi Manajemen Keuangan (LSP MakU) dalam rangka surveilan. Surveilan merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh BNSP tiap tahunnya untuk menjamin mutu dan menilai peforma lembaga sertifikasi profesi yang berada di bawah naungannya.

Dibuka oleh Indri Septiani selaku Direktur LSP MakU, beliau berharap dengan hasil surveilan dapat menjadi bahan evaluasi bagi LSP untuk lebih baik kedepannya.

“Kami berharap masukan dan saran dari bapak bagi LSP MakU, agar kedepan kami menjadi lebih baik”

Surveilan kali ini dilakukan oleh dua orang asesor, Mulyanto dan Sugiarto. Terdapat 13 aspek yang dievaluasi meliputi unsur lisensi, unsur kelembagaan, unsur manajemen, unsur penerapan sistem manajemen mutu, unsur sarana dan prasarana, unsur sumber daya manusia, unsur pembiayaan, unsur sistem informasi sertifikasi, skema sertifikasi, unsur perangkat asesmen, proses sertifikasi, pengendalian dokumen dan rekaman serta pencapaian target sertifikasi dalam kurun waktu 3 tahun terakhir.

Tahap akhir pelaksanaan surveilan, tim asesor berdiskusi dan menyampaikan hasil evaluasi kepada tim LSP MakU bagian mana saja yang perlu diperbaharui. Penandatanganan dan serah terima laporan hasil surveilan oleh Indri Septiani dan Mulyanto menandakan berakhirnya proses surveilan.

Suasana Pelaksanaan Surveilan

Hasil surveilan dapat menjadi acuan bagi LSP dalam melakukan pengukuran kinerja periode selama satu tahun dan upaya untuk melakukan pemeliharaan lisensi serta pengendalian mutu sertifikasi kompetensi kerja sesuai dengan panduan dan program kerja LSP yang telah ditetapkan.

Salam Kompetensi!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *